Beberapa Tahap Dalam Membangun Online Shop

bisnis-online

 

Kali ini saya mau berbicara tentang tahap-tahap yang musti dilalui untuk membangun sebuah online shop yang bagus.  Silakan komentar jika pembaca merasa bahwa ada teknik yang lebih bagus ataupun saran-saran lainnya.

Beberapa Tahap Dalam Membangun Online Shop

Oke, berikut step by stepnya:

1. Tentukan niche.

Disini saya bakal menggunakan banyak istilah-istilah internet marketing. Contohnya kata “niche” ini. Tujuan saya menggunakan istilah-istilah internet marketing adalah supaya pembaca akan terbiasa dengan kata-kata seperti ini pada saat belajar di sumber lain. Tulisan saya mungkin hanya sebagai introduksi saja pada dunia internet marketing. Ilmu yang saya bagikan disini hanya awalan saja untuk menggali lebih jauh dunia internet marketing khususnya online shop. Saya pun dulu begitu, ketika belajar internet marketing. Belajar ke mana-mana. Via google, via forum-forum, beli ebook (walaupun, kebanyakan donlot ilegal ), coba ini coba itu, dll.

Oke back to topic. Niche ini adalah bahasa marketing indonesianya adalah ceruk pasar. Ceruk as in lobang ceruk. Maksudnya adalah pasar spesifik dimana kita mau fokus berjualan or berusaha. Contoh niche adalah: niche busana muslim, niche mainan anak-anak, niche perlengkapan bayi, dll.

Dibagian ini kita bakal mencari berbagai macam niche-niche yang profitable. Juga mencari niche yang sesuai sama passion kita biar enjoy juga jualannya.

Kalau sudah menemukan niche yang ingin digarap lanjut ke bagian selanjutnya.

2. Cari supplier.

Bagian ini krusial nih. Coz menentukan laba dan tingkat persaingan dengan online shop lain. Nanti akan diceritakan bagaimana pengalaman kami dalam mendapatkan supplier. Ada macam-macam cara mendapatkan supplier barang murah. Tapi intinya tetap pada keuletan pribadi.

3. Riset keyword.

Karena kita mau berjualan di ranah internet, maka kita harus tahu pola pembelian pelanggan kita di internet. Kalau sudah tahu pola pembeliannya, maka kita bisa berjualan dengan lebih mudah dan efektif efisien. Kita bisa membidik dengan lebih presisi sehingga menghasilkan penjualan dengan cost yang lebih sedikit.

Ditahap ini kita bakal riset keyword-keyword apa yang diketikkan calon pelanggan kita di google ketika mereka hendak membeli barang jualan kita. Kalau sudah tahu, maka nanti dalam mendevelop situs dan marketing akan didasarkan pada keyword-keyword ini.

Mendevelop situs yang berhubungan dengan keyword terutama dalam penentuan nama domain, penentuan judul produk, penentuan tema dan judul artikel, dll. Jadi dalam penentuan nama domain, penentuan judul produk, penentuan tema dan judul artikel, dll, kita musti merujuk dulu pada keyword yang sudah kita riset.

Selain itu, keyword-keyword ini juga berguna dalam bagian marketing khususnya SEO (search engine optimization) dan kampanye PPC (pay per click > adwords, facebook, kaskus, dll).

4. Tentukan nama domain.

Domain ditentukan dari keyword yang sudah kita riset dibagian sebelumnya.

5. Develop situs.

Dibagian ini kita bakal membicarakan tentang bagaimana memilih hosting, memilih CMS untuk situs kita, memilih designer, membuat situs yang menarik pembeli untuk membeli, tips trik supaya situs kita terlihat professional dan terpercaya, tips trik SEO on page, dll.

6. Isi product.

Situs sudah jadi, sekarang kita isi productnya. Dibagian ini kita akan membicarakan tentang bagaimana mengisi produk yang baik. Bagaimana memfoto barang, menulis deskripsi produk yang bagus, menulis sales letter,dll.

7. Develop system.

Ini juga bagian yang krusial. The system is what makes your online shop goes beyond. Disini kita akan bahas tentang karyawan, stock management, customer management, peraturan-peraturan, accounting, dll.

Kalau sistemnya bagus, online shopnya juga akan bagus. Dan kalau sudah bagus, hal itu akan berjalan terus-terusan sampai nanti ada online shop lain yang sistemnya lebih bagus.

8. Marketing.

Tanpa marketing, online shop kita akan sepi pembeli. Kita harus menyisihkan sebagian dari laba kita untuk marketing. Marketing tuk online shop dibagi menjadi tiga bagian:

a. SEO
b. Iklan
c. Lain-lain.

9. Ekspansi.

Kalau satu online shop sudah berjalan lancar, tinggal mengkopi sistem online shop yang sekarang ke ol shop yang lain dan nikmati multiple stream of income. Ini impian saya untuk punya paling nggak lima online shop. Tapi untuk menuju kesana step 1 sampai 8 harus benar-benar bagus dulu, terutama bagian 5, 6, 7, dan 8.

Itu tahap-tahap yang musti dilalui dalam membangun situs online shop yang bagus. Dalam menjalani step-step itu ada beberapa hal yang menurut saya penting:

I. Saya ulangi sekali lagi coz betapa pentingnya ini: Ulet. Keuletan mengalahkan banyaknya modal yang saingan kita punya, keuletan mengalahkan betapa pintarnya saingan kita dalam menulis kode-kode or programming, keuletan juga mengalahkan keberuntungan. In the long run, keuletan lah yang bakal menentukan keberhasilan anda. Dalam semua bidang, dari jaman dahulu kala, orang yang ulet selalu orang yang sukses, pun dia gak pintar, gak kaya, gak ganteng, dll. Cateeeettttt!!!

Ulet disini berarti bersedia berkorban waktu, tenaga, pikiran untuk mencapai tujuan kita. mau belajar html, mau muter muter cari supplier, mau ngirim barang walaupun jauh, hujan, dan gak tau tempatnya. mau begadang malam-malam bungkus barang atau update situs. mau selalu ramah sama pelanggan. dll. the list goes on…

II. Passion. Gairah dan semangat. Ini masih berhubungan sama nomer satu, coz biasanya ulet dan semangat itu setali tiga uang. Kita musti semangat dan bergairah dalam menjalani usaha ini. Kalau gak semangat, maka akan sia-sia pada akhirnya. Sudah capek-capek bangun usaha, eh akhirnya tutup coz udah gak semangat lagi. Pun begitu seperti iman, yang yanqush wa yazid (naik dan turun), semangat pasti ada kalanya turun. Nah ketika semangat lagi turun, ada di nomer tiga yang bantuin.

III. System. Dengan mendevelop sistem yang bagus, dia akan berjalan walaupun kita lagi gak semangat, or kita lagi gak ada ditempat usaha kita. Franchise McDonald itu tingkat keberhasilan usahanya adalah 90 persen lebih. Artinya kalau McDonald buka 1000 gerai, maka lebih dari 900 gerai itu akan untung. Ini WOW banget (yang mau koprol silakan). Coz jarang-jarang sebuah usaha bisa begitu. Letak rahasia McDonald bisa seperti itu adalah pada systemnya.

Kita harus belajar gimana membuat system yang bagus. Gimana memastikan semua lini dalam usaha kita berjalan efektif efisien. Kalau sudah punya sistem yang bagus, mau bikin 100 online shop pun bisa.

Saya sendiri masih berjuang untuk point ini. Masih menerka-nerka sistem seperti apa yang bagus untuk online shop saya. Kalau setiap hari saya perbaiki sistem online shop saya, saya yakin dalam waktu setahun kedepan, sudah jadi sistem yang 90 persen efektif efisien.

Sumber:
– ads-id

About ArieL FX

Seorang Kuli Server & Datacenter, Terkadang Mendadak menjadi "cowok bayaran". Hanya seorang pengembara dilayar "hitam". Contact: Google+, Twitter and Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please Fill The Answer *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Butuh bantuan? Fast respons hubungi kami : (+62) 817-776-588
Live Chat