Cara Mendapatkan SSL Gratis Pada Hosting WordPress

Berhubung lagi rame-ramenya dan aji mumpung SSL gratis dari letsencryptsaya akan share bagaimana Cara Mendapatkan SSL Gratis Pada Hosting WordPress. langkah-langkahnya sangat mudah jika anda mengikuti secara rinci tahap-tahap yang saya berikan. namun sebelumnya kita pengenalan terlebih dahulu mengenai HTTPS dan Letsencrypt.

Apa Itu SSL?
Definisi singkat SSL adalah sebuah transport layer dimana data yang dikirimkan melalui saluran ini akan lebih aman karena adanya proses enkripsi. Contoh seringnya, jika anda sedang melakukan proses login yang mengirim informasi login, berbelanja yang mengirim informasi kartu kredit, e-banking, maupun suatu transaksi yang membutuhkan pertukaran informasi yang sensitif.

Apa Itu Let’s Encrypt?
Let’s Encrypt adalah sertifikat gratis, otomatis, dan terbuka otoritas (CA), dijalankan untuk kepentingan publik. LetsEncrypt adalah layanan yang disediakan oleh Internet Security Research Group (ISRG). SSL Free Gratis Letsencrypt.

Prinsip-prinsip kunci di balik LetsEncrypt adalah:

Gratis: Siapapun yang memiliki nama domain dapat menggunakan Let’s Encrypt untuk mendapatkan sertifikat terpercaya dengan biaya nol.
Otomatis: Software yang berjalan pada web server dapat berinteraksi dengan Let’s Encrypt tanpa kesulitan mendapatkan sertifikat, aman mengkonfigurasinya untuk digunakan, dan secara otomatis mengurus perpanjangan.
Aman: Let’s Encrypt akan berfungsi sebagai platform untuk memajukan TLS praktik keamanan terbaik, baik di sisi CA dan dengan membantu operator situs benar aman server mereka.
Transparan: Semua sertifikat yang diterbitkan atau dicabut akan disimpan publik dan tersedia bagi siapa saja untuk memeriksa.
Terbuka: Penerbitan dan pembaharuan protokol otomatis akan dipublikasikan sebagai standar terbuka yang lain dapat mengadopsi.
Kooperatif: Sama seperti protokol Internet yang mendasari sendiri, Let’s Encrypt adalah upaya bersama untuk manfaat masyarakat, di luar kendali salah satu organisasi.

Cara Mendapatkan SSL Gratis Pada Hosting WordPress

Jika anda telah membeli hosting yang menyediakan Fitur free ssl dari letsencrypt, caranya adalah seperti dibawah ini

  1. Login ke cPanel hosting anda dan kemudian memilih menu Letsencrypt SSL.
  2. Cara Mendapatkan SSL Gratis Pada Hosting WordPress

    SSL Gratis Let’s Encrypt

  3. Setelah memilih menu Free SSL, Anda akan melihat daftar domain dan subdomain Anda. Silakan pilih issue
  4. Cara Mendapatkan SSL Gratis Pada Hosting WordPress

  5. Pada halaman issue silahkan pilih include agar SSL juga terinstall pada subdomain
  6. Cara Mendapatkan SSL Gratis Pada Hosting WordPress

  7. Proses instalasi ssl gratis ini akan membutuhkan waktu beberapa detik, maka SSL gratis anda akan secara otomatis terinstalasi pada domain anda dan dapat diakses dengan https.

Jika proses instalasi Cara Mendapatkan SSL Gratis Pada Hosting WordPress diatas sudah anda lakukan. anda perlu menambahkan sedikit konfigurasi pada WordPress anda. hal ini diperlukan agar domain anda dapat berjalan otomatis di https

  1. Masuk ke WP Admin Anda pilih Settings lalu General dan ganti Address URL danSite URL yang semula menggunakan http ganti menjadi https seperti gambar dibawah ini
  2. ssl_wordpress

  3. Edit file .htaccess seperti kode di bawah ini agar otomatis redirect dari http ke https.
  4. Masuk ke PhpMyAdmin atau MySQL atau MariaDB Anda dan lakukan perubahan pada isi database WordPress Anda
    Replace post_content
  5. lalu replace guid
  6. Tambahkan script berikut pada wp-config.php
  7. Tahap Testing & troubleshooting

    Pastikan semua konten berjalan sebagaimana sebelumnya Anda menggunakan http, karena perbuhan https mengakibatkan perubahan seluruh konten di WordPress oleh karena itu teslah terlebih dahulu. jika SSL belum menghasilkan gembok warna hijau (seperti pada web jasavps.com). silahkan cek padlock anda pada website whynopadlock

Kesimpulan

Perlu diingat karakter dari SSL anda non-caching, sangat bijak untuk tidak menggunakan caching jika website anda menggunakan SSL (kan kasihan data orang seperti kartu kredit atau transaksi e-banking di caching).
Menggunakan https dapat melindungi website Anda dari serangan hacker, karena dengan adanya https ini cookies Anda telah terenkrip hingga menjadikan website Anda aman. Selain aman dengan https ini menjadikan website kita terprioritas oleh mesin pencarian google sekaligus meningkatkan kepercayaan dan keyakinan pengguna. Perlu adanya sedikit modifikasi WP agar dapat redirect ke https. Anda harus memodifikasi wp-config.php, .htaccess dan merubah isi konten dalam database.

Jika Hosting yang anda gunakan tidak menyediakan fitur ini, anda dapat menginstall pada VPS Server ataupun Dedicated server anda yang tutorial-nya akan kami sediakan pada artikel berikutnya.

Selamat mencoba artikel Cara Mendapatkan SSL Gratis Pada Hosting WordPress

About ArieL FX

Seorang Kuli Server & Datacenter, Terkadang Mendadak menjadi "cowok bayaran". Hanya seorang pengembara dilayar "hitam". Contact: Google+, Twitter and Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please Fill The Answer *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Butuh bantuan? Fast respons hubungi kami : (+62) 817-776-588
Live Chat