Cara Switch MySQL ke MariaDB Pada cPanel

Cara Switch MySQL ke MariaDB Pada cPanel

MariaDB merupakan versi pengembangan terbuka dan mandiri dari MySQL. Sejak diakuisisinya MySQL oleh Oracle pada September 2010, Monty Program sebagai penulis awal kode sumber MySQL memisahkan diri dari pengembangan dan membuat versi yang lebih mandiri yakni MariaDB. berikut ini cara switch MySQL ke MariaDB pada cPanel

#1 – Replace MySQL with MariaDB
Lakukan backup data lama sebelum melakukan switch MySQL ke MariaDB

#2 – Jalankan perintah berikut untuk menonaktifkan RPM MySQL. otomatis cPanel & WHM tidak akan lagi menangani update MySQL, dan sistem rpm.versions akan menandai MySQL RPM diasosiasikan sebagai program uninstalled.

#3 – Jalankan perintah berikut untuk menghapus paket MySQL RPM yang ada dari server Anda. Ini akan membantu untuk proses instalasi MariaDB agar dapat berjalan dengan baik.

#4 – Buat repo MariaDB

#4.1 – lalu isi file MariaDB.repo sesuai dibawah ini

#5 – Gunakan editor teks pilihan Anda (vi/vim/nano) untuk membuka file /etc/yum.conf dan hapus php* dan mysql * dari mengecualikan baris. seperti pada contoh berikut:

#6 – Lalu jalankan perintah untuk menginstall MariaDB

#7 – Jalankan perintah berikut untuk rebuild kembali EasyApache untuk memastikan bahwa semua modul PHP tetap berjalan dengan baik:

Selamat mencoba 🙂

About ArieL FX

Seorang Kuli Server & Datacenter, Terkadang Mendadak menjadi "cowok bayaran". Hanya seorang pengembara dilayar "hitam". Contact: Google+, Twitter and Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please Fill The Answer *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Butuh bantuan? Fast respons hubungi kami : (+62) 817-776-588
Live Chat