Definisi NAP IXP PoP dan Internet Blackbone

kali kita akan membahas pengenalan dan definisi Definisi NAP IXP PoP dan Internet Blackbone, Internet Service Provider (ISP) yang menyediakan layanan internet kepada pelanggan menggunakan berbagai macam sarana dalam menjalankan layanannya. Salah satu caranya adalah dengan Wireless LAN, dimana ISP mmeberikan layanan kepada pelanggan melalui jaringan wireless atau tanpa kabel, biasanya menggunakan teknologi WiFi. Dengan cara ini, ISP dapat memberikan layanan internet dengan kecepatan cukup tinggi tanpa terbatas kabel. Namun teknologi ini memiliki keterbatasan, salah satunya dalam hal jarak jangkauan. Semakin jauh letak pelanggan dengan access point titik akses ISP, pelanggan tersebut akan semakin terpengaruh oleh masalah ini. Sampai pada jarak tertentu dari ISP, calon pelanggan tidak dapat dilayani oleh ISP tersebut.

Definisi NAP IXP PoP dan Internet Blackbone

NAP adalah Sebuah Network Access Point (NAP) adalah fasilitaspertukaran jaringan publik di mana Internet Service Provider (ISP) yang terhubung dengan satu sama lain dalam pengaturan mengintipPara NAP adalah komponen kunci dalam transisi dari era NSFNET. ketika banyak jaringan lalu lintas yang disponsori adalah pemerintahdan komersial dilarang ke penyedia Internet komersial hari ini.Mereka sering menunjuk kemacetan internet yang cukup.

Secara mendasar, NAP (network access provider) adalah perusahaan yang secara resmi dapat melayani kebutuhan sekaligus menjual bandwidth ke ISP.  Selain mengantongi ijin resmi dari Departemen Komunikasi dan Informasi, syarat utama bagi sebuah perusahaan di Indonesia untuk bisa memiliki ijin NAP adalah memiliki total penggunaan bandwidth lebih dari 45 Mbps.

IXP (Internet Exchange Point) adalah Sebuah titik pertukaran Internet (IX atau IXP)merupakan infrastruktur fisik melalui mana penyedia layanan Internet(ISP) pertukaran lalu lintas Internet antara jaringan mereka (sistem otonomi). IXPs mengurangi porsi lalu lintas suatu ISP yang harusdikirimkan melalui penyedia hulu mereka transit, sehingga mengurangi biaya per-bit pengiriman rata-rata dari layanan mereka.Selanjutnya, peningkatan jumlah jalur belajar melalui IXP routing yangmembaik efisiensi dan kesalahantoleransi.

PoP (point of presence) adalah semacam stasiun relay atau repeater untuk memperluas jangkauan suatu ISP, dengan menambah titik akses di daerah tertentu. sebagi contoh: di daerah X terdapat satu stasiun titik akses untuk melayani semua pelanggan. karena permintaan pelanggan baru terus bermunculan, kemudian ISP tersebut berencana membangun satu lagi titik akses di lokasi lain. Titik akses ini disebut dengan POP berfungsi untuk meneruskan layanan ISP ke pelanggan yang letaknya lebih jauh, namun masih dengan sistem pencatatan atau administrasi yang terpusat pada titik akses utama ISP tersebut.

Secara umum POP adalah sebuah point dimana jaringan nirkabel dan biasanya infrastruktur yang menggunakan perangkat wireless, menjadi stasiun pemancar agar client dapat terhubung satu sama lain di jaringan wireless yang sama.
Internet backbone mengacu pada data yang rute utama antara yang besar, jaringan strategis saling berhubungan dan router inti di Internet.Data rute ini di-host oleh komersial, pemerintah, akademik danlainnya berkapasitas tinggi pusat jaringan, Internet pertukaran poindan poin akses jaringan, pertukaran lalu lintas internet yang antara negara-negara, benua dan lautan di seluruh dunia. Lalu Lintaspertukaran antara penyedia layanan Internet (sering Tier 1 jaringan)berpartisipasi dalam lalu lintas Internet backbone pertukaran denganperjanjian interkoneksi pribadi dinegosiasikan, terutama diatur olehprinsip penyelesaian bebas mengintip.
isp
IP Transit adalah layanan interkoneksi trafik ke global internet (bandwidth internet internasional) dengan fitur full route BGP Internet dan menggunakan blok IP dan AS (Autonomous System) number milik pelanggan. Layanan ini memberikan jaminan ratio bandwith 1:1 sampai keupstream provider Telkom, ditujukan untuk operator telekomunikasi , terutama penyedia jasa internet & interkoneksi internet (ISP & NAP). IP Transit Telkom juga menyediakan layanan koneksi ke konten domestik (IP Transit Domestik).

Semoga artikel Definisi NAP IXP PoP dan Internet Blackbone ini dapat anda pahami 🙂

About ArieL FX

Seorang Kuli Server & Datacenter, Terkadang Mendadak menjadi "cowok bayaran". Hanya seorang pengembara dilayar "hitam". Contact: Google+, Twitter and Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please Fill The Answer *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Butuh bantuan? Fast respons hubungi kami : (+62) 817-776-588
Live Chat