Error Pada Saat Restore Backup cPanel

Membuat backup adalah tugas wajib untuk GemarOprek kepada pelanggan setia kami. disaat ada kendala seperti Error Pada Saat Restore Backup cPanel, database hilang atau terhapus atau adanya sabotase dari pihak internal. seorang sysadmin akan dianggap seperti dewa oleh teamnya.

sebelum memulai artikel ini, mari kita mengenal lebih jauh apa itu backup. Dalam teknologi informasi, backup adalah proses membuat data cadangan dengan cara menyalin atau membuat arsip data komputer sehingga data tersebut dapat digunakan kembali apabila terjadi kerusakan atau kehilangan.

Backup memiliki dua tujuan. Tujuan utama adalah untuk mengembalikan data apabila data tersebut hilang, baik karena terhapus atau karena rusak (corrupt). Tujuan kedua adalah untuk mengembalikan data ke titik tertentu pada masa lalu. Karena fungsinya, proses backup mengharuskan pengguna menggandakan data, yang akhirnya menghabiskan kapasitas media penyimpanan. Ini mendorong ditemukannya teknologi-teknologi untuk mengefesienkan penyimpanan data backup, misalnya deduplikasi dan kompresi.

Saat mencoba backup restore pada cPanel, kami menemui kendala seperti dibawah ini

Error message:

====
Account Creation Status: failed (Sorry, a mysql user with the name test already exists.)
====

kasus:

pesan kesalahan adalah bahwa database “test” tidak selesai dihapus dari file cache.

How To Fix:

1. Login ke SSH.

2. masuk ke file database cPanel di “/var/cpanel/databases/”. Ini akan menampilkan file-file anda yang memiliki entri untuk user cPanel. sekarang hapus file dari database user test tersebut.

Contoh: Username: gakbisadihapus

Sekarang hapus entri untuk pengguna “gakbisadihapus” dari file-file ini untuk memperbaiki masalah ini.

sebenarnya ada cara ngampangnya tinggal –force aja, ini hanya sebagai catatan pribadi saya saja.

About ArieL FX

Seorang Kuli Server & Datacenter, Terkadang Mendadak menjadi "cowok bayaran". Hanya seorang pengembara dilayar "hitam". Contact: Google+, Twitter and Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please Fill The Answer *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Butuh bantuan? Fast respons hubungi kami : (+62) 817-776-588
Live Chat