Mengenal VPS Dedicated Dan Colocation Server

Mengenal VPS, Dedicated Server, Colocation Server

VPS / VDS adalah sebuah physical server yang dibagi menjadi beberapa virtual private server. Setiap VPS terlihat dan bekerja seperti sebuah server sistem yang sebenarnya, lengkap dengan pengaturan sendiri untuk init script, users, pemrosesan, filesystem, dan lain-lain.

Istilah
VPS : Virtual Private Server
VDS : Virtual Dedicated Server

Virtual Private Server (VPS) juga dikenal dengan Virtual Dedicated Server (VDS), adalah suatu teknologi yang memungkinkan sebuah komputer (server) dengan kapasitas resource hardware yang sangat besar dapat dibagi-bagi menjadi beberapa virtual komputer yang mandiri. Virtual komputer tersebut secara fisik tidak terhubung langsung dengan hardware yang digunakan. Pengguna virtual komputer dapat menginstal sistem operasi (OS)-nya sendiri (atau biasa yang disebut template) serta dapat mengkustomisasi virtual komputernya tanpa mengganggu virtual komputer yang lain.

Pembagian resource ini menggunakan teknologi virtualisasi yang biasa dikenal dengan Virtual Machine (VM Ware) pada OS Windows atau Solus Virtual Manager (SolusVM) pada OS Linux. Teknologi virtualisasi yang sering dipakai diantaranya, OpenVZ (Virtuozzo), XEN, KVM, VM Ware (Windows).

 

Singkatnya, vps merupakan beberapa operating sistem yang berjalan di atas satu sistem operasi induk (host node) dan berada pada satu hardware yang sama.

++++++++++++++++++++++
| HARDWARE |
++++++++++++++++++++++
| HOST NODE (Server Inti) |
++++++++++++++++++++++
| [VPS1] | [VPS2] | [VPSX] |
++++++++++++++++++++++

Dedicated Server adalah layanan penyewaan server yang diletakkan di data center yang disediakan provider, perangkat server disediakan dan dikelola oleh provider.

sedangkan Colocation Server adalah layanan penyewaan tempat untuk meletakkan server pelanggan di data center yang disediakan provider, perangkat server disediakan atau dibawa oleh pelanggan ke provider untuk dihubungkan ke internet

About ArieL FX

Seorang Kuli Server & Datacenter, Terkadang Mendadak menjadi "cowok bayaran". Hanya seorang pengembara dilayar "hitam". Contact: Google+, Twitter and Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please Fill The Answer *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Butuh bantuan? Fast respons hubungi kami : (+62) 817-776-588
Live Chat