Mengetahui Besar Ukuran File Pada Linux

Mengetahui Besar Ukuran File Pada Linux sangat penting untuk anda yang sering bekerja di lingkungan “layar hitam” linux. hal ini diperlukan seperti disaat server anda mengalami high resource atau disk full.
tentu sangat riskan jika anda harus me-listing berapa besar file dan folder satu persatu.

Dengan mengetahui ukuran file atau direktori beserta kapasitas harddisk yang masih tersedia dan harddisk yang sudah dipakai, diharapkan nantinya anda akan lebih bisa mengontrol dan memanage harddisk anda, kira-kira mana saja aplikasi yang tidak penting, mana saja file dan direktori yang tidak penting, sehingga anda bisa menghapusnya untuk menghemat kapasitas harddisk yang tersedia.

Menghemat kapasitas harddisk ini sangat penting, terutama bagi anda yang mempunyai harddisk dengan kapasitas yang tidak terlalu besar (dibawah 50GB). Harddisk dengan kapasitas tidak terlalu besar akan lebih memerlukan perawatan ekstra, karena selain akan digunakan untuk menyimpan file, anda juga harus menyediakan ruang khusus untuk sistem operasi yang anda gunakan.

berikut ini adalah perintah untuk menampilkan ukuran folder atau file dalam sistem operasi linux. Ada berbagai versi perintah yang ditemukan, namun saya hanya menulis beberapa yang paling sering digunakan:

Baca juga:  Daftar mirror repository lokal Debian di Indonesia

Mengetahui Besar Ukuran File Pada Linux

$ du
Menampilkan daftar subfolder yang ada di folder anda, akan ditampilkan daftar folder beserta ukurannya

$ du /home/namafolder
Menampilkan ukuran dari folder /home/namafolder

Kemudian kita dapat menemukan hasilnya tidak dipisah, sehingga kita akan memisahkan hasilnya dengan menggunakan command sort –nr, yang memisahkan berdasarkan value numerical. Akhirnya kita akan mengoperasikan hasil hasil melalui head -10 untuk mendapatkan 10 hasil terbaik.

du -sm * | sort -nr | head -10

Salam Oprek!

Write a Comment

Your email address will not be published.

5 + 12 =

%d bloggers like this: