Pengertian Bottleneck

Artikel ini akan membahas pengertian bottleneck seperti pada contoh gambar dibawah ini
Pengertian Bottleneck

Pengertian Bottleneck adalah peristiwa macetnya proses aliran data (transmisi data) karena sebab-sebab tertentu.

Biasanya disebabkan perbedaan antara kecepatan kerja suatu komponen dengan kecepatan bus-nya. Bottleneck Dapat juga dikarenakan perangkat keluaran (output) tidak dapat mengimbangi kinerja perangkat pemrosesan sehingga memperlambat kerja system secara keseluruhan. Pengertian Bottleneck secara harfiah dapat diartikan sebagai sumbatan leher botol.

Pengertian Bottleneck pada dunia networking

Pada dunia networking (jaringan) terutama mikrotik, istilah bottleneck dapat diartikan jika action di drop maka kemungkinan untuk connection statenya akan terus menempel pada Mikrotik, dan jika tidak kuat Mikrotik kita bisa terjadi seperti Flooding. Flooding adalah suatu keaadan dimana Router kita di banjiri oleh akses yang terus menerus sehingga terjadi bottleneck, dan router mikrotik anda menjadi hang (tidak ada respon atau macet)


Pengertian Bottleneck Pada Hardware Komputer

Tidak ada seorangpun yang menginginkan terjadi bottleneck. tapi pada kondisi ini dapat terjadi pada setiap komputer yang ada di dunia ini. Bottleneck tidak seperti virus dan tidak ada hubungannya dengan system, meski akibatnya akan sangat berpengaruh pada system juga.

Contoh Kasus

Processor : Core 2 Duo
Memory : DDR 5300 2Gb
Video Card : 1600 XT

Dari contoh di atas, maka dapat disimpulkan bahwa Komputer dengan spesifikasi seperti itu bisa terjadi ‘bottleneck’. Karena, processor OK, RAM OK, tapi VGA-nya pas-pasan. sehingga dari segi performa tidak akan maksimal, terutama untuk bermain game. Banyak juga contoh yang lain. Karena pada dasarnya, setiap komputer mempunyai bottleneck. Hanya saja, letaknya dimana, itulah yang perlu dikaji. Terlebih lagi, kalau mainboardnya tidak support komponen-komponen pada soal diatas. Pastilah terjadi bottleneck juga.

Bottleneck Checking

Bagaimana cara check komputer kita mengalami bottleneck atau tidak?
cari gambar hasil 3D Mark/software benchmark di google yang testing system-nya pake spec yang tidak bottleneck (tentunya cari yang sebanding dengan spec komputer teman2), lalu bandingkan score-nya sama rig punya teman-teman, kalau lebih rendah berarti bottleneck.

sedangkan untuk mengecek jaringan kita mengalami bottleneck atau tidak, anda dapat mengeceknya melalui router atau modem ataupun speedtest.

About ArieL FX

Seorang Kuli Server & Datacenter, Terkadang Mendadak menjadi "cowok bayaran". Hanya seorang pengembara dilayar "hitam". Contact: Google+, Twitter and Facebook

7 thoughts on “Pengertian Bottleneck”

  1. Bro saya mau nanya… saya ada pc dgn spec sebagai berikut

    Amd a10 7860k 3.0ghz
    vga nvidia gtx 750ti 2ghz 128bit
    Ram team elite 1500mhz 2x8gb (16gb)
    Mobo biostar lupa typenya uda dual channel
    Hdd seagate 1tb

    Bottleneck gavtuh mohon oenjelasanta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please Fill The Answer *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Butuh bantuan? Fast respons hubungi kami : (+62) 817-776-588
Live Chat