Tips Cara Merakit Komputer Server

Komputer server kerap dikait kaitkan dengan suatu pekerjaan multifungsi dengan multi device dan dewasa ini bahkan satu server bisa dijadikan beberapa server dengan menggunakan konsep virtualisasi. melalui artikel ini GemarOprek.com akan sharing Tips Cara Merakit Komputer Server karena tak jarang jika sebuah perusahaan baik besar maupun kecil tentu membutuhkan komputer server sebagai pusat pengolahan data perusahaan.

Tips Cara Merakit Komputer Server

Hal inilah yang membuat para vendor tentunya mengeluarkan beberapa tipe server dengan spesifikasi yang beragam. Sehingga memunculkan banyak spesfisikasi yang berbeda beda. Bagi beberapa orang awam tentu menjadi hal yang sulit dalam memilih komputer server mana yang berkualitas. Maka dari itu pada kesempatan kali ini kami akan memberikan Panduan Tips Memilih Komputer Server Rakitan Yang Berkualitas.

Melalui artikel Tips Cara Merakit Komputer Server ini, Saya sendiri lebih suka merakit server sendiri ketimbang membeli barebone. Namun saya sendiri  menjadikan merakit sebagai opsi kedua jika barebone yang saya inginkan sedang kosong atau out of stock.

Untuk anda yang belum tahu apa itu barebone, Barebone adalah komputer setengah jadi yang terdiri dari casing, power supply, motherboard, dan sistem pendingin (CPU Cooler).

Seperti misalnya pada suatu perusahaan besar. Tentunya sering melakukan pekerjaan yang kompleks seperti sharing data, pengolahan data, mengatur arus lalu lintas email, atau lainnya, sudah pasti membutuhkan jenis komputer server berteknologi tinggi. Peran server ini untuk membantu memperlancar segala pekerjaan perusahaan supaya waktu dan pekerjaan menjadi lebih efektif, dengan akan memberikan keuntungan bagi perusahaan.

Ada banyak hal yang dipertimbangkan dalam memilih komputer server sesuai kebutuhan diantaranya

  • Motherboard
  • Ini adalah hal inti dari sebuah komputer. layaknya merakit robot, ini adalah hal awal yang harus dibeli sebelum merakit.

  • Processor
  • Perhatikan berapa core dan clock speed, sesuaikan dengan motherboard ataupun budget anda

  • Tipe dan jenis Memory
  • Perhatikan tipe slot dari motherboard anda, lalu pilihlah sesuai kebutuhan

  • HDD/SSD
  • Perhatikan seperti cache dan kualitas dari storage yang akan kita gunakan. ada baiknya anda mengunjungi website benchmarking hdd ataupun ssd. agar anda tahu seberapa layaknya HDD/SSD yang akan anda gunakan.

  • Jenis teknologi yang akan digunakan
  • Casing komputer server
  • Jika anda berkeinginan menaruh server anda pada datacenter. tentu anda harus memperhatikan ukuran casing agar dapat menekan budget bulanan colocation server anda. sangat lebih baik jika anda telah memiliki rack server sendiri pada kantor anda.

  • Dan fitur-fitur lainnya

Ada 6 jenis server berdasarkan harga

1. Komputer Server Entry level price
Jenis server Entry level price ini biasanya digunakan untuk kebutuhan dirumah atau untuk perusahaan kecil. Adapaun pekerjaannya adalah untuk melakukan proses data yang ringan. Untuk harga server entry level price yaitu kisaran 10 juta.

2. Komputer Server Workgroup level price
Workgroup level price adalah jenis server yang umumnya digunakan pada perusahaan kecil menengah yang membutuhkan hardware yang lebih tinggi dibandingkan dengan entry level price. Biasanya jenis server workgroup ini menggunakan processor Intel xeon atau AMD dengan kecepatan 1.5-3.6 GHz dan support dual/quadcore. Adapun harga jenis server workgroup ini yaitu 10 jutaan.

4. Komputer Server Appliance server
Appliance server untuk merakit jenis komputer server ini membutuhkan 20 jutaan per 1 base unitnya. Bahkan ada juga kisaran harga mencapai 50 juta. Tergantung dengan fitur dan hardware yang digunakan. Biasanya jenis server appliances ini cocok digunakan pada pekerjaan yang membutuhkan firewall, VPN dan web hosting. Dengan kata lain digunakan pada pekerjaan IT yang cukup berat.

5. Komputer Server Blade server
Jenis server blade ini biasanya digunakan pada sebuah pekerjaan yang membangun jaringan data center dengan fasilitas daya yang rendah, cache atau hanya sekedar sebagai pusat pengolah data saja. Harga komputer server ini hanya sekitar 10 jutaan saja.

6. Komputer Server Enterprise server
Jenis server ini biasanya digunakan pada suatu bisnis yang sangat besar yang membutuhkan aplikasi e-commerce dan database yang sangat besar. Maka dari itu tak heran jika harga server ini ditaksir hingga 100 jutaan.

Daftar Merk Komputer Server Untuk Kebutuhan Kantor

  • Supermicro
  • HP Proliant Server
  • Lenovo
  • Dell
  • Gigabytes Server
  • Asus Server
  • HP ProLiant Server
  • IBM System x Server
  • Dan lain-lain

Jika anda tertarik dan membutuhkan konsultasi dalam membeli Komputer Server Harga Murah dengan spesifikasi berkualitas terbaru 2018? anda dapat kontak kami pada link ini atau silahkan kirim komentar pada artikel ini.

Itulah tadi beberapa Tips Cara Merakit Komputer Server sesuai kebutuhan anda. Dengan menggunakan Komputer server yang baik tentu akan memberikan keuntungan yang baik yang akan membantu anda dalam mengembangkan perusahaan anda.

About ArieL FX

Seorang Kuli Server & Datacenter, Terkadang Mendadak menjadi "cowok bayaran". Hanya seorang pengembara dilayar "hitam". Contact: Google+, Twitter and Facebook

One thought on “Tips Cara Merakit Komputer Server”

  1. Dulu skolah smk tapi cuma beberapa pelajaran doank yang suruh rakit komputer server
    Liat tutor ini jadi inget lagi pengen bisa ilmu ngerakit pc server.
    Apalagi ilmu pengetahuan yang dipake kaya webserver, vps, dedicated server dll 🙁

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please Fill The Answer *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Butuh bantuan? Fast respons hubungi kami : (+62) 817-776-588
Live Chat