Cara Konfigurasi Mail Relay pada Zimbra 8

Berikut ini adalah Cara Konfigurasi Mail Relay pada Zimbra 8, seperti biasa ada baiknya kita mengenal istilah dari Mail Relay ini. Mail relay adalah fasilitas untuk mengirimkan email dengan menumpangkan (bypass) kepada server yang disebut relay MTA (Mail Transport Agent).

Server tersebut yang nantinya mengirimkan email ke alamat tujuan. Mail relay merupakan software SMTP Proxy sederhana dan Relay MTA yang berfungsi sebagai filter. Ada 2 jenis Mail relay yaitu

  1. Closed Relay
  2. yang berarti secure (aman) dalam artian pesan email hanya akan di relay oleh mail server untuk pengguna-pengguna yang terverifikasi memiliki akses untuk ke server relay. Closed Relay adalah pengaturan umumnya yang diberlakukan server internal untuk mencegah penyalahgunaan internet.

  3. Open Relay
  4. merupakan SMTP server yang digunakan untuk mengirim email yang tidak terlindungi dan tidak terautentifikasi. Nama lain dari Open Relay adalah Anonymous Relay yang apabila diaktifkan maka server akan menghadapi risiko keamanan yang akan sangat merugikan server dan data-data di dalam mail server anda.

Keuntungan dan kekurangan menggunakan Mail Relay
Jika anda menggunakan Fasilitas Mail Relay ini pada Server Zimbra anda. tentu akan mengurangi beban dari Server anda tersebut untuk mengirimkan email. akan tetapi fasilitas ini sering disalah pergunakan untuk mengirimkan junk email, yang disebut spam, dengan cara menumpang mail server milik orang lain. Akibat dari tumpangan ini, mail server tersebut menjadi terbebani dan dijadikan tempat untuk meluncurkan spamming.

hal yang menyebabkan anda HARUS menggunakan mail relay
ada beberapa penyebab yang mengharuskan anda menggunakan mail relay antara lain:

  • IP public terkena blacklist dari RBL atau terlisting pada provider anti spam lainnya
  • Salah satu klien atau server pernah terinfeksi virus dan mengirimkan email bervirus atau spam dalam jumlah banyak (massal)
  • IP public dynamic, bukan static
  • atau beberapa penyebab lain sesuai error log yang kami tampilkan dibawah ini:
[email protected]>: host gmail-smtp-in.l.google.com[74.125.68.27] said:
550-5.7.1 [180.250.xx.xxx 12] Our system has detected that this message is 550-5.7.1 likely unsolicited mail. To reduce the amount of spam sent to Gmail, 550-5.7.1 this message has been blocked. Please visit
550-5.7.1 https://support.google.com/mail/?p=UnsolicitedMessageError 550
5.7.1 for more information. r69si9260582pfk.242 – gsmtp (in reply to end of DATA command)

Cara Konfigurasi Mail Relay pada Zimbra 8

untuk mengatasi error yang kami dilampirkan diatas, kita bisa menggunakan layanan SMTP Relay yang disediakan oleh provider yang anda gunakan, silahkan kunjungi artikel kami yang berjudul Beberapa List Setting SMTP dan POP3 ISP.

namun SMTP diatas hanya sebatas open relay (tanpa username dan password) dan tidak closed relay sesuai yang kami jabarkan diatas. anda dapat menggunakan jasa layanan Mail Gateway & SMTP Relay yang kami sediakan. Dengan layanan ini, pelanggan akan mendapat user name dan password dan credit email (jumlah email yang diperbolehkan untuk dikirim dalam interval waktu tertentu). Berikut adalah aktivasi ISP-SMTP relay (MTA Relay) menggunakan user authentication pada Zimbra 8 dengan mengacu pada layanan Excellent Mail Gateway dan SMTP Relay.

Dapatkan username dan password, misalnya account yang dimiliki adalah [email protected] dengan password : KuTungguJandamu135. Untuk nama server relay, akan menggunakan nama smtp-relay.gemaroprek.com port 587, sedangkan nama host Zimbra 8 adalah mail.domainanda.com
Jalankan perintah berikut secara berurutan, jangan lupa sesuaikan username dan password yang anda gunakan:

Mengaktifkan TLS

jika telah selesai di setting, silahkan coba kirim email keluar sambil memantau log dengan cara:

Selamat mencoba Cara Konfigurasi Mail Relay pada Zimbra 8 🙂

About ArieL FX

Seorang Kuli Server & Datacenter, Terkadang Mendadak menjadi "cowok bayaran". Hanya seorang pengembara dilayar "hitam". Contact: Google+, Twitter and Facebook

One thought on “Cara Konfigurasi Mail Relay pada Zimbra 8”

  1. saya sudah instal zimbra tapi kenapa tidak bisa mengirim email keluar tetapi tidak bisa menerima email dari luar ya klo semesam lokal zimra bisa ?
    mohon bantuannya terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please Fill The Answer *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Butuh bantuan? Fast respons hubungi kami : (+62) 817-776-588
Live Chat