Cara Transfer File Menggunakan FTP Filezilla

FileZilla atau juga dikenal dengan sebutan FileZilla Client, adalah salah satu software FTP gratis, open source, cross-platform. Binari tersedia untuk Windows, Linux, dan Mac OS X. Software ini mendukung FTP, SFTP, dan FTPS (FTP di SSL/TLS). berikut ini adalah tutorial Cara Transfer File Menggunakan FTP Filezilla. software ini adalah software kelima yang paling banyak diunduh sepanjang masa dari SourceForge.net

 

Fitur utama dari Filezilla adalah:

  • Site manager (Manajer situs) yaitu mengizinkan pengguna untuk membuat daftar situs FTP beserta data koneksinya, seperti nomor port yang akan digunakan, protokol yang digunakan, dan apakah akan menggunakan log anonim atau normal. Untuk log normal, nama pengguna dan kata sandinya akan disimpan. Penyimpanan kata sandi adalah opsional.
  • Message log (Log pesan) Ditampilkan di bagian atas jendela. Fitur ini menampilkan output berjenis konsol (console-type) yang menunjukkan perintah yang dikirim oleh FileZilla dan respon yang diterima dari server.
  • File and folder view Ditampilkan di bawah pesan log (Message log), menyediakan sebuah tampilan grafis antarmuka untuk FTP. Pengguna dapat menavigasi folder serta melihat dan mengubah isinya pada komputer lokal dan server dengan menggunakan tampilan antarmuka gaya Explorer. Pengguna dapat men-drag dan drop file antara komputer lokal dan server.
  • Transfer queue (Transfer antrian) Ditampilkan di sepanjang bagian bawah jendela, menunjukkan status real-time setiap antrian atau transfer file yang aktif.

Cara Transfer File Menggunakan FTP Filezilla

1. Download FTP Client Filezilla terlebih dahulu pada link https://filezilla-project.org/download.php dan install

2. Setelah selesai install, Klik Filezilla untuk mengaktifkan aplikasinya

3. Isi kolom ”Host” dengan ftp.namadomain.com atau alamat ip server anda

4. Isi kolom username dan password ftp domain hosting anda

5 Isi Port dengan 21 atau biarkan kosong saja tidak usah diisi

6. Klik “Quickconnect” dan jika settingan anda benar maka akan langsung terkoneksi
filezilla

7. Setelah berhasil terkoneksi, Pilih file yang akan ditransfer dari direktori komputer anda yang ditampilkan pada kolom B.

8. Pilih direktori server untuk menympan file anda di server hosting, biasanya pada folder public_html

9. Lihat kolom C, pilih file yang akan ditransfer dengan cara klik 2x , Jika berbentuk folder maka klik kemudian drag kolom E atau bisa juga dengan cara klik kanan mouse dan pilih upload. Salah satu cara upload cepat adalah dengan mengklik folder file, sehingga proses upload akan otomatis bekerja sendiri.

10. Tunggulah proses upload file hingga selesai. Filezilla akan otomatis melakukan koneksi ulang jika pada saat transfer file ada sinyal yang terputus.

Kecepatan proses upload file ke direktori sangatlah bergantung kepada banyaknya file dan latency dari jaringan anda menuju server. kemungkinan juga ada error yang mungkin terjadi. untuk memahami kecepatan upload data ke hosting anda, silahkan kunjungi artikel yang berjudul Tips memilih VPS Server untuk hosting website anda

Demikianlah artikel Cara Transfer File Menggunakan FTP Filezilla ini kami buat, semoga dapat memberikan manfaat untuk anda

About ArieL FX

Seorang Kuli Server & Datacenter, Terkadang Mendadak menjadi "cowok bayaran". Hanya seorang pengembara dilayar "hitam". Contact: Google+, Twitter and Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please Fill The Answer *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Butuh bantuan? Fast respons hubungi kami : (+62) 817-776-588
Live Chat