Mengenal Apa itu LUN

LUN adalah singkatan dari kata Logical Unit Number. Istilah Logical Unit Number apabila disingkat yaitu menjadi LUN.

Mengenal Apa itu LUN

LUN sendiri adalah Nomor unit logis (LUN) adalah pengidentifikasi unik yang menunjuk perangkat hard disk individu atau perangkat yang dikelompokkan untuk alamat oleh protokol yang terkait dengan SCSI, iSCSI, Fibre Channel (FC) atau antarmuka serupa. LUN merupakan pusat pengelolaan array penyimpanan blok yang dibagikan melalui storage area network (SAN).

LUN digunakan untuk mengidentifikasi subset data dalam disk sehingga perangkat komputasi yang menggunakannya dapat menjalankan operasi.

Bagaimana LUN bekerja

Pengaturan LUN bervariasi menurut sistem dan device yang anda gunakan. LUN diberikan ketika host memindai perangkat SCSI dan menemukan logical unit. LUN mengidentifikasi unit logis spesifik untuk inisiator SCSI ketika dikombinasikan dengan informasi seperti pengidentifikasi port target.

LUN adalah pusat pengelolaan array penyimpanan blok dalam jaringan area penyimpanan (SAN). Menggunakan LUN dapat menyederhanakan pengelolaan sumber daya penyimpanan karena hak akses dan kontrol dapat ditetapkan melalui pengidentifikasi logis.

Jenis-jenis LUN

Struktur penyimpanan yang mendasarinya dan tipe unit logis berperan dalam kinerja dan keandalan. Beberapa contoh termasuk:

Mirror LUN: LUN toleran-kesalahan dengan salinan identik pada dua drive fisik untuk redundansi dan cadangan data.
Concatenated LUN: Menggabungkan beberapa LUN menjadi satu unit atau volume logis.
Striped LUN: Menulis data di beberapa drive fisik, berpotensi meningkatkan kinerja dengan mendistribusikan permintaan I/O di seluruh drive.
Striped LUN with parity: Menyebarkan data dan informasi paritas di tiga atau lebih drive fisik. Jika drive fisik gagal, data dapat direkonstruksi dari informasi pada drive yang tersisa. Perhitungan paritas mungkin berdampak pada kinerja menulis.

LUN zoning dan masking

Storage area networks (SAN) akan mengontrol akses host ke LUN untuk menegakkan keamanan dan integritas data. LUN masking dan zonasi berbasis switch mengelola sumber daya SAN yang dapat diakses oleh host yang terlampir.

Mengenal Apa itu LUN

LUN masking membagi akses ke port yang diberikan. Kemudian, bahkan jika beberapa LUN diakses melalui port yang sama, masker server dapat diatur untuk membatasi akses setiap server ke LUN yang sesuai. LUN masking biasanya dilakukan pada host bus adapter (HBA) atau level switch.

About ArieL FX

Seorang Kuli Server & Datacenter, Terkadang Mendadak menjadi "cowok bayaran". Hanya seorang pengembara dilayar "hitam". Contact: Google+, Twitter and Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please Fill The Answer *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Butuh bantuan? Fast respons hubungi kami : (+62) 817-776-588
Live Chat