Menghapus log mikrotik

Bagaimana cara menghilangkan / menghapus Log di Mikrotik?Pertanyaan ini mungkin muncul ketika anda membuka Log dan ingin menghapusnya tetapi tidak ada menu atau command untuk menghapus Log Mikrotik tersebut.

Menghapus log mikrotik

Salah satu fitur pada Mikrotik yang kelihatan nya simple dan mungkin juga terlupakan akan tetapi memiliki fungsi yang cukup penting adalah fitur LOGGING.
RouterOS mampu melakukan pencatatan berbagai aktivitas sistem dan informasi status router.

Secara default RouterOS akan melakukan pencatatan semua aktifitas dan proses yang terjadi di router dan menyimpan catatan (Log) tersebut pada RAM. Daftar catatan (Log) bisa dilihat pada menu /log .
Log yang berada dalam menu /log ini akan hilang begitu kita restart router karena log tersebut hanya disimpan pada RAM.

Dalam pemecahan masalah jaringan akan lebih efektif dengan sebelumnya menganalisa log dari Router untuk mengetahui proses apa saja yang sudah terjadi. Sehingga akan lebih mudah dalam memetakan masalah dan menentukan solusi.

Terlalu banyak informasi yang kita dapatkan jika kita hanya melihat pada menu /log , sehingga mungkin akan menyulitkan analisa. Untuk itu kita bisa melakukan pengaturan topic apa saja yang akan dicatat serta akan disimpan atau ditampilkan dimana log tersebut.

Baca juga:  Cara Memisah Download Browsing Dan Game dengan Mikrotik

Selain disimpan pada memory (RAM) router, log juga bisa disimpan dalam bentuk file pada storage Router, dikirim via email atau ditampilkan pada perangkat syslog server tersendiri.

Memang pada mikrotik tidak terdapat menu atau command untuk menghapus Log Mikrotik. Namun, kita masih bisa mengakalinya dengan meminimalisir tampilan log yang muncul di Mikrotik

Cara Menghilangkan Log Mikrotik sebagai berikut :

1. Login ke Mikrotik

2. Di terminal masukkan command berikut :

/system logging action
set memory memory-lines=1

3. Kemudian setting kita kembalikan lagi dengan ketik

/system logging action
set memory memory-lines=1
/system logging action set memory memory-lines=100

Write a Comment

Your email address will not be published.

20 − two =

%d bloggers like this: