Cara Promosi Toko Online Untuk Meningkatkan Penjualan

Berikut ini adalah artikel yang akan membahas bagaimana Cara Promosi Toko Online Untuk Meningkatkan Penjualan. Promosi Online merupakan salah satu cara alternatif yang dewasa ini sering digunakan startup yang muncul pada saat ini. cara ini sangat efektif dan efisien untuk mempromosikan produk ataupun jasa yang ingin kita jual ke publik. Jika Anda adalah seorang Internet marketer atau sales, mungkin Anda setuju bahwa promosi adalah hal rutin dilakukan untuk terus memperlekat brand image usaha atau jasa anda kepada publik.

Seperti halnya dengan promosi offline, mungkin Anda sudah mengenal apa itu banner, brosur, spanduk, baliho ataupun iklan koran. Jenis promosi ini bertujuan untuk lebih memperkenalkan bisnis yang sedang kita jalani. Semakin banyak orang yang melihat dan membaca iklan kita melalui media promosi tersebut, tentunya akan meningkatkan kemungkinan (propabilitas) orang untuk membeli produk atau jasa kita.

Cara Promosi Toko Online Untuk Meningkatkan Penjualan

Berikut ini saya akan sharing Cara Promosi Toko Online Untuk Meningkatkan Penjualan menurut GemarOprek.com

1. Google

Produk Google dewasa ini telah menjadi website pencarian paling utama yang digunakan masyarakat indonesia. tanpa google mungkin kita tidak tahu bagaimana perkembangan teknologi saat ini. sebut saja adwords yang menjadi pilihan utama untuk anda beriklan seperti contoh dibawah ini
iklan_adwordJika kita mencari salah satu keyword semisal colocatiom server murah akan muncul beberapa iklan seperti pada gambar diatas. Google inilah yang kini menjadi saingan besar Facebook. Solusi alternatif untuk anda yang belum memiliki modal beriklan melalui adwords yaitu menggunakan produk Google lainnya seperti Google+ ataupun Blogger.

2. Facebook

Tidak bisa kita pungkiri jika Facebook menjadi saingan utama dalam dunia Promosi Online. Selain memang sudah akrab sebagai sosial media, Facebook dinilai sangat efisien dalam mementukan target keyword untuk digunakan sebagai media promosi online bisnis atau jasa anda. Tidak sedikit toko online yang aktif menggunakan website juga aktif promosi di Facebook, bahkan sebagian besar dari mereka memulai bisnis online dari sosial media yaitu Facebook. Facebook juga menyediakan fasilitas Facebook Ads bagi para pebisnis online. Kamu akan dimudahkan untuk penargetan pasar hingga waktu berpromosi di Facebook.

3. Twitter

Seiring penggunaan social media indonesia semakin rama ditambah setelah indonesia di nobatkan sebagai negara pengguna facebook terbesar kedua di dunia dan penggunaan twitter tercerewet di asia. twitter bisa dijadikan pilihan sebagai media promosi online usaha dan jasa anda. sebut saja raditya dika sebagai seleb twitter dengan metode absurd namun bisa memiliki follower yang begitu banyaknya. Kini pembeli lebih memilih menyampaikan pertanyaan dan keluhan melalui akun social media mereka. Salah satu caranya dengan mention akun merek produk yang mereka ikuti. Hal ini membawa anda lebih dekat dengan pelanggan. Fakta 19% pengguna twitter memfollow akun produk supaya mereka mudah mendapatkan service dari si pemilik bisnis tersebut.

4. Instagram

Siapa sangka, Instagram yang merupakan sebuah aplikasi berbagi gambar kini telah berkembang menjadi salah satu alat pemasaran yang paling efektif dalam menjual produk Anda. Efektivitas ini tak lepas dari gambar yang di bagikan melalui akun Instagram tersebut. Kekuatan visual dianggap lebih mempunyai daya tarik untuk membawa pelanggan melakukan konversi dibandingkan dengan cara lainnya.

5. Path

Path memang hal yang baru dalam kalangan media sosial. Awalnya Path merupakan media sosial yang bergerak sebagai private Twitter dan Facebook. Tampilannya minimalis sehingga mampu memberikan kesan sederhana bagi penggunanya. Sekarang ini nampaknya, para pebisnis online belum mulai merambah Path sebagai sarana bisnis online, namun bukan berarti seiring perkembangan jaman, media sosial ini juga tidak mempunyai peluang bisnis. Bisa saja beberapa bulan kedepan Path tengah gencar untuk dijadikan sebagai lahan promosi.

6. Kaskus

Kaskus adalah situs forum komunitas maya terbesar dan nomor 1 Indonesia dan penggunanya disebut dengan Kaskuser. Kaskus lahir pada tanggal 6 November 1999 oleh tiga pemuda asal Indonesia yaitu Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan, yang sedang melanjutkan studi di Seattle, Amerika Serikat. Situs ini dikelola oleh PT Darta Media Indonesia. Kaskus memiliki lebih dari 6 juta pengguna yang terdaftar.

Kaskus, yang merupakan singkatan dari Kasak Kusuk, bermula dari sekadar hobi dari komunitas kecil yang kemudian berkembang hingga saat ini. Kaskus dikunjungi sedikitnya oleh 900 ribu orang, dengan jumlah page view melebihi 15.000.000 setiap harinya. Hingga bulan Juli 2012, Kaskus sudah mempunyai lebih dari 601 juta posting.[6]

sehingga tidak dipungkiri lagi bahwa kaskus bisa menjadi bahan media promosi online untuk usaha jasa dan produk anda.

7. Market Place

Selain beberapa website diatas, ada beberapa alternatif yang sering digunakan pebisnis online dalam memasarkan produk dan jasanya. sebut saja tokopedia, OLX, bukalapak, dan lain-lain. anda hanya perlu mengupload dan memberikan deskripsi usaha atau produk anda pada website marketplace yang telah disediakan.

8. Blog

Website atau blog tentu bisa menjadi tempat utama memasarkan usaha dan produk anda. Dengan adanya blog usaha anda. calon pelanggan tidak perlu lagi repot-repot mencari data-data dari penjual usaha atau jasa yang ingin mereka beli.
buatlah blog sesuai dengan data asli sehingga calon pembeli percaya bahwasanya website anda bukan penipuan.

9. Email marketing

Cara ini mungkin sudah terlalu “tua” untuk digunakan namun masih sangat efektif. sebut saja email Blast atau email marketing sebagai sarana untuk mengirim pesan email secara massal ke daftar penerima sekaligus. Email Blast adalah istilah lain untuk campaigns email atau email masal. Mengirim email blast biasanya dilakukan melalui Perusahaan yang terpilih dan terpercaya.

Demikian artikel mengenai Cara Promosi Toko Online Untuk Meningkatkan Penjualan. semoga usaha anda lancar dan berkah, amiin.

About ArieL FX

Seorang Kuli Server & Datacenter, Terkadang Mendadak menjadi "cowok bayaran". Hanya seorang pengembara dilayar "hitam". Contact: Google+, Twitter and Facebook

One thought on “Cara Promosi Toko Online Untuk Meningkatkan Penjualan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please Fill The Answer *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Butuh bantuan? Fast respons hubungi kami : (+62) 817-776-588
Live Chat