Dilema Koneksi Telkom ke IIX dan OIXP untuk pelanggan

Dilema Koneksi Telkom ke IIX dan OIXP untuk pelanggan

Banyak sekali beberapa pelanggan yang menghubungi saya dan bertanya apakah menggunakan VPN dapat mengatasi FUP (Fair Usage Policy). Dilema Koneksi Telkom ke IIX dan OIXP untuk pelanggan ini malah membuat pelanggan menganggap “bisa” mem-bypass kebijakan tersebut.

Jika teman gemaroprek menggunakan layanan Indihome ataupun produk telkom lainnya. apakah pernah merasakan internet terasa sangat lambat ketika siang hari atau malam hari ketika mengakses ke server selain telkom seperti layanan Hosting website, atau bermain game lokal indonesia atau layanan lain diluar Jaringan Telkom?

Benar, pasti anda pernah mengalaminya. perlu diketahui beberapa kendala tersebut di terkadang dipicu karena salah satu Peering milik telkom kearah IIX dan OIXP mengalami full traffic.
bahkan sepengalaman GemarOprek sebagai pengguna, terkadang route yang seharusnya ke lokal terkadang diputar terlebih dahulu ke koneksi internasional baru ke lokal, tentu akan menjadi lambat bukan?

perlu diketahui, berikut ini laporan traffic monitoring dari exchange yaitu IIX dan OpenIXP

Peering Telkom IIX
Untuk saat ini telkom memiliki Peering ke IIX dengan kapasitas 10G dari pantauan data kami kapasitas peak atau penuh sehingga butuh upgrade port atau penambahan port agar kapasitas bertambah. namun demikian pihak Telkom sepertinya enggan untuk menambah kapasitas atau ada alasan lain dari pihak internal Telkom yang tidak perlu diketahui oleh publik.

Sumber: IIX

Peering Telkom OIXP
berbeda dengan peering telkom ke IIX, Telkom memiliki Peering ke OIXP dengan total kurang lebih 40G dari pantauan data kami kapasitas rata-rata peak atau selalu penuh, namun tidak seperti Peering Telkom IIX. sekali lagi menurut kami seharusnya pihak Telkom perlu untuk melakukan upgrade port namun sepertinya Telkom memiliki strategi sendiri. dari sisi pengguna bahkan provider yang memiliki client menggunakan telkom hanya bisa bersabar dan terus bersabar.

Dilema Koneksi Telkom ke IIX dan OIXP untuk pelanggan 2
Sumber: OpenIXP

Dari beberapa data diatas, teman-teman dapat melihat pada jam berapa pemakaian tertinggi, jadi mohon lebih bersabar jika pada jam–jam tersebut merasakan agak begitu lambat luar biasa.

tujuan dari artikel ini adalah untuk mengedukasi pelanggan yang mempunyai kolerasi ke GemarOprek yang menanyakan mengapa koneksi ke server lambat jika diakses melalui provider diatas. tidak ada maksud untuk menjatuhkan ataupun sejenisnya. semoga Telkom bisa lebih baik. jadi jangan berharap banyak dengan VPN anti fup, vps anti vup dan sejenisnya

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 − 1 =

%d bloggers like this: